Minggu, 24 November 2013

Jenis Jenis Mouse Komputer dan Sejarahnya

Jenis Jenis Mouse Komputer dan Sejarahnya - Mouse sebagai salah satu perangkat keras komputer tentu saja sangat penting. Mouse berfungsi untuk menggerakan pointer di layar monitor untuk memberikan perintah pada sistem komputer, dengan cukup memberikan klik pada icon dan menu yang tersedia.
Jenis Mouse Laptop, Gaming, Wireless
Ilustrasi Jenis Mouse
 
Sampai saat ini ada beberapa jenis Mouse Komputer yang dibagi sesuai kategori. 

Jenis Mouse Komputer sesuai Bentuk Fisik, terbagi menjadi 2 :
  • Mouse Optic, yaitu mouse yang menggunakan optic sebagai penggerak pointer yang ada monitor komputer, optic terletak dibagian bawah mouse.
  • Mouse Track Ball, adalah Mouse yang terdapat bola pada bagian bawahnya yang digunakan untuk menggerakan pointer.
Jenis Jenis Mouse Komputer berdasarkan Port :
  1. Mouse Serial, mouse ini menggunakan port serial dan mouse jenis digunakan pada komputer jenis AT.
  2. Mouse PS/2, mouse jenis menggunakan port PS 2 dan dan digunakan pada komputer jenis ATX. Biasanya port mouse berwarna hijau untuk membedakan antara port untuk keyboard dan port untuk mouse.
  3. Mouse USB, port jenis ini mulai banyak disukai oleh para pengguna komputer, karena selain lebih efisien mouse yang menggunakan port USB mempunyai kecepatan akses lebih tinggi dibanding mouse yang menggunakan port yang lain
  4. Mouse Wireless, sesuai dengan namanya mouse ini menggunakan jaringan wife sebagai media perantaranya. Mouse jenis ini lebih mahal dibanding mouse jenis yang lain sehingga tidak banyak orang yang menggunakan mouse jenis ini.

Sampai saat ini Mouse USB masih yang paling banyak dimanfaatkan, sebab mouse PS 2 hanya lebih sering terdapat pada komputer saja. Namun jika sobat adalah pengguna laptop dan suka bepergian, maka mouse wireless adalah pilihan terbaik. memang sedikit agak mahal, namun masih dapat dijangkau yaitu antar 100 - 400 Ribu sesuai type (Teknologi Bluetooth).

Demikianlah artikel tentang jenis jenis mouse, semoga bermanfaat.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

nice artikel gan, mantapp, post juga dong gan tentang mouse yang merk razer :D thx gan

Posting Komentar

Posting Lama ►